Perawatan Jati Belanda

Kuncinya adalah teratur dan bersihkan setiap kali ada noda yang menempel.  Perawatan rutin gunakan poles atau wax kayu untuk menjaga kondisinya tetap bersih dan menawan.

Kayu jati belanda atau jati londo merupakan kayu yang berwarna cokleat muda kekuningan. Pada dasarnya kayu ini bukanlah kayu jati, namun memiliki tekstur yang mirip dengan kayu jati karena memiliki mata kayu yang besar. Sebutan jati belanda ini karena umumnya kayu ini di gunakan sebagai peti kemas atau packing pengiriman dari luar negeri. Selian itu kayu jati belanda sering disebut pula kayu pinus, oak, pine atau kayu palet. Jenis kayu ini umumnya digunakan sebagai furniture interior seperti kursi, meja, dan dekorasi di ruangan.

Perawatan furniture kayu jati belanda tidaklah rumit. Jika kayu jati belanda di gunakan untuk meja makan atau kursi anda hanya perlu rutin membersihkan dan memolesnya dengan wax kayu yang food grade. Begitu pula jika jika di gunakan untuk furniture interior yang lain.  Hiasan dinidng atau dekorasi ruangan dengan kayu jati belanda juga wajib di rawat. Dekorasi ruang  ini justru harus selalu Nampak menawan guna menghiasi ruangan rumah dengan indah.

 

Perawatan furniture kayu jati belanda dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Rutin di bersihkan

Rutin bersihkan furniture kayu jati belanda setiap hari. Hal ini untk mebersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan furniture.  Furniture yang berdebu dapat menyebabkan warna furniture memudar dan menjadi media organisme pembusuk sehingga membuat kayu mudah lapuk. Bersihkan furniture menggunakan lap kain atau kemoceng. Hindari menggunakan lap berbahan silicon yang dapat menyebabkan lecet permukaan furniture.

perawatan furniture kayu jati belanda
contoh furniture kayu jati belanda
  • Gunakan sabun cuci piring untuk mencuci furniture kayu

Saat furniture kayu jati belanda kotor jangan sembarang memilih pembersih. Gunakan pemebrsih khusus atau menggunakan sabun cuci piring yang lembut. Gunakan sikat lembut yang dicelupkan dengan larutan sabun untuk membersihkan noda pada furniture kayu jati belanda. Jika anda menggunakan cairan pembersih sembarangan justru akan merusak kondisi furniture. Proses pembersihan dengan cairan sabun ini dapat anda lakukan secara berkala atau jika kondisi furniture benar  benar kotor membandel.

  • Gunakan poles / wax kayu untuk perawatan berkala

Poles atau wax kayu sangat baik untuk perawatan furniture kayu jati belanda. Perawatan furniture akan lebih mudah menggunakan poles. Apliaksi yang cepat dibandingkan dengan melakukan pengecatan ulang. Poles atau wax kayu berfungsi untuk menajamkan warna alami furniture kayu, menjaga kondisi furniture tidak mudah lembab dan menjaga furniture tahan terhadap rembesan air.

 

Sumber : https://www.biopolish.com/perawatan-furniture-kayu-jati-belanda-yang-mudah-5649/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BIDTECHNO - Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website